Cara menghilangkan bruntusan – Permasalahan kulit wajah yang paling ditakuti oleh sebagian besar perempuan adalah munculnya jerawat atau bruntusan. Setuju nggak nih Kleive? Jerawat dan bruntusan pastinya menyebabkan penampilan menjadi kurang bagus dan dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Munculnya jerawat/bruntusan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat/bruntusan pada wajah. Yuk disimak!

Tidak membersihkan sponge atau brush secara rutin

Brush atau sponge yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup, bisa jadi menyimpan bakteri dan sisa-sisa produk yang saat terkena kulit wajah dapat menyebabkan kulit menjadi meradang dan berjerawat. Untuk itu sangat perlu rutin membersihkan brush atau sponge minimal seminggu sekali ya Kleive!

BACA JUGA: 5 Jenis First Cleanser Yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak membersihkan makeup dengan benar

Biasanya kalo udah capek jadi males bersihin makeup kan, hayo ngaku hehe? Tapi jangan dibiasakan ya Kleive, karena sisa riasan wajah akan menyumbat pori-pori, lalu ikut terserap ke dalam kulit bersamaan dengan produksi sebum. Ini dia yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Cara terbaik membersihkan wajah dari makeup, yaitu dengan terlebih dahulu menggunakan makeup remover seperti Calming Cleansing Balm dari Klei & Clay. Lalu lanjut bersihkan makeup pakai pembersih wajah yang biasa kamu gunakan. Siap untuk lanjut ke step perawatan wajah selanjutnya.


Tidak cukup tidur

Tau nggak sih Kleive, kalo ternyata kurang tidur itu bisa menyebabkan stress yang memicu munculnya jerawat pada wajah. Saat stress, tubuh akan banyak memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu peradangan, termasuk juga merusak struktur dan fungsi kulit. Produksi kortisol yang meningkat juga akan meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan munculnya jerawat.

Nah, itu dia 3 kesalahan yang dapat menyebabkan kulit berjerawat. Mulai sekarang stop melakukan 3 kesalahan itu ya Kleive, supaya terbebas dari jerawat dan bruntusan.

 

Oleh: Fariza Rahmadinna
Photo by Audrey Jackson on Unsplash