Perbedaan Toner, Essence, Serum, Ampoule, Cream Skin, dan Emulsion

Perbedaan Essence dan SerumTahukah kamu apa itu bedanya toner, essence, serum, ampoule, cream skin, dan emulsion? Ragam jenis hydrating skincare ini berawal dari dunia kecantikan Korea Selatan yang memang sangat concern dengan kelembapan kulit. Mereka percaya bahwa dengan memberikan kelembapan yang maksimal pada kulit maka kulit akan jauh terlihat lebih plumpy, cerah, dan sehat. Nah, karena itu mereka membuat beragam jenis hydrating skincare untuk dipakai secara bertahap sesuai kebutuhan kulit seperti toner, essence, ampoule, cream skin, dan emulsion. Tapi, apa sih sebenernya perbedaan mereka semua kalau memang tujuannya untuk hydrating? Untuk kamu yang penasaran, yuk kenali lagi perbedaan toner, essence, serum, ampoule, cream skin, dan emulsion bersama Klei and Clay dibawah ini:

 

Toner

Mungkin untuk yang satu ini sudah tidak asing lagi ya, Kleive? Siapa yang tidak tahu fungsi dan kehebatan toner? toner merupakan skincare berbasis air yang memiliki beragam fungsi sesuai jenisnya. Hal yang membedakan toner dari essence, serum, ampoule, cream skin, dan emulsion adalah toner memiliki tekstur yang lebih cair karena tingginya kandungan kadar air sehingga perlu digunakan sebagai langkah pertama pada rutinitas skincare untuk proses penyerapan yang lebih maksimal.

Toner memiliki banyak jenis dan fungsi yang beragam mulai dari cleansing toner, balancing toner, hydrating toner, dan exfoliating toner. Cleansing toner adalah toner yang berfokus untuk memastikan sekali lagi tingkat kebersihan wajah setelah proses mencuci muka. Sedangkan, balancing toner digunakan untuk menyeimbangkan ph balance pada kulit setelah proses mencuci muka yang biasanya menghancurkan keseimbangan ph pada kulit. Di samping itu, hydrating toner mengandung agen-agen humectant yang secara khusus dibentuk untuk meningkatkan kelembapan kulit pada lapisan dalam. Adapula, exfoliating toner merupakan salah satu jenis chemical exfoliator yang mampu mengeksfoliasi kulit dari lapisan kulit terdalam.

Sebagai salah satu tips, jika kamu lupa sedang tidak ada toner dirumahmu. Kamu bisa pakai Klei & Clay The Enchanted. Aloe-Rose dengan PH 5.5 yang mampu untuk menyeimbangkan hidrasi kulitmu.

Essence

Dalam membedakan essence dari toner, serum, ampoule, cream skin, dan emulsion, Hal yang dapat kita perhatikan adalah tekstur dan fungsinya. Tekstur essence lebih berat daripada toner dan lebih ringan dibandingkan serum, ampoule, cream skin, dan emulsion. Namun, tidak jarang terdapat essence yang teksturnya lebih berat dibandingkan serum dan ampoule karena berat ringannya essence bergantung pada bahan humectant di dalamnya. Selain tekstur, fungsi essence juga dapat menjadi faktor pembeda. Jika toner, serum, ampoule, cream skin, dan emulsion mungkin memiliki banyak jenis dan fungsi, essence dibuat khusus dengan fungsi utama untuk meningkatkan kelembapan kulit. 

Karena fungsinya ini, essence kaya akan bahan-bahan humectant seperti hyaluronic acid dan vitamin E. Penggunaan essence pada rutinitas skincare biasanya digunakan setelah toner. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, essence sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan lho, Kleive! Karena dia dapat membantu melembapkan kulit kamu hingga lebih maksimal. Namun, bagi kamu pemilik kulit berminyak, mungkin essence dapat di-skip ya dari rutinitas skincare kamu dan ganti dengan hydrating toner yang lebih ringan!

Nah, sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba Hanskin Real Complexion Hyaluronic Skin Essence. Essence dari Hanskin ini kaya akan kandungan hyaluronic acid yang super dalam melembapkan kulit sehingga menghasilkan kompleksitas kulit yang plumpy dan sehat.

Serum

Berbeda dengan toner yang memiliki kadar air yang lebih tinggi dibandingkan bahan lainnya, serum merupakan skincare dengan kombinasi air, minyak, dan nutrisi khusus sebagai bahan dasarnya. Secara tekstur, serum lebih berat dibandingkan toner dan essence. Namun, akan lebih ringan jika dibandingkan dengan ampoule, cream skin, dan emulsion.

Secara kegunaan, serum bukanlah multi skincare yang dapat menyelesaikan beberapa concern kulit dalam satu produk. Serum memiliki konsentrasi khusus pada setiap fungsinya seperti serum untuk brightening atau serum untuk anti aging. Untuk itu, Kamu dapat membeli serum sesuai skin concern dan kebutuhanmu ya, Kleive!

BACA JUGA: Perlu Nggak Sih Memakai Face Oil di Iklim Tropis?

Ampoule

Mungkin hal yang paling membingungkan dari ampoule adalah perbedaan serum dengan ampoule. Sebenarnya, ampoule merupakan turunan skincare dari serum dengan tekstur yang lebih berat dan konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi. Untuk kamu yang ingin meyelesaikan permasalahan kulit membandel, kamu bisa menggunakan ampoule untuk penyelesaian yang lebih cepat dan maksimal. Walaupun teksturnya lebih berat dan kental, ampoule masih memiliki tingkat tekstur yang lebih rendah dibandingkan cream skin dan emulsion.

Cream skin

Nah, siapa yang tahu apa itu cream skin? Cream skin merupakan produk campuran toner dan moisturizer diperuntukkan bagi kamu yang ingin menghemat waktu rutinitas skincare dengan menggunakan toner dan moisturizer secara bersamaan. Walaupun teksturnya ringan, cream skin masih lebih berat dibandingkan dengan toner, essence, serum, dan ampoule.

Saat ini, cream skin memang belum sepopuler produk skincare lainnya. Namun, cream skin diprediksi akan menjadi skincare trend 2020 nanti lho, Kleive! Penggunaan cream skin juga dipercaya dapat menghasilkan kulit glowing dengan tekstur creamy-milky yang plumpy dan sehat!

Sekarang, memang belum banyak produk cream skin. Tetapi, kamu bisa mencoba Laneige Cream Skin Refiner. Cream skin dari Laneige ini mengandung white tea leaf water yang mampu mengunci kelembapan kulit dan memperkuat pertahanan kulit sekaligus.

Emulsion

Emulsion sejatinya adalah moisturizer yang bertekstur ringan dan milky. Secara fungsi, emulsion dibentuk untuk mereka yang tidak menyukai pelembap bertekstur berat. Untuk kamu yang memiliki kulit dehidrasi, gunakanlah emulsion karena proses penyerapannya hingga lapisan kulit terdalam sangat cepat berkat formulanya yang water based.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba menggunakan Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera Emulsion. Kandungan Aloe Vera pada emulsion ini ampuh dalam melembapkan kulit kamu secara intensif.

 

Nah, itu dia perbedaan toner, essemce, serum, ampoule, cream skin, dan emulsion. Sekarang sudah paham kan letak perbedaannya? Mungkin dari kamu ada yang bertanya-tanya perlu enggak sih kita menggunakan mereka semua? Jawabannya sesuai preferensi kulit kamu ya! Jika kamu membutuhkan hydrating yang tinggi, tentu sangat direkomendasikan menggunakan hydrating skincare secara berlapis-lapis sesuai urutan diatas. Namun, jika kamu merasa kelembapan alami kulitmu sudah cukup, kamu bisa hanya menggunakan toner, essence, serum, dan emulsion dengan beragam nutrisi yang berfokus pada skin concern kamu lainnya. 

Selain toner, essence, serum, cream skin, dan emulsion, Kamu juga bisa menggunakan face oil untuk meningkatkan kelembapan kulit dan menyelesaikan permasalahan kulit sekaligus. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba Klei & Clay Soothe Face Oil. Face oil ini cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering dan beruntusan. Kandungan empat kombinasi natural oil-nya seperti rosehip seed oil, avocado oil, sweet almond oil, dan geranium oil yang ampuh melembapkan kulit dan mengurangi iritasi akibat jerawat-jerawat kecil di wajah. Happy trying, Kleive!

 

Oleh: Bella Stephanie
Editor: Divanda Gitadesiani