PHA, Exfoliator Untuk Si Kulit Sensitif

Arti PHA – Tahukah kamu apa itu PHA, Kleive? Mungkin kebanyakan dari kamu lebih mengenal dengan AHA dan BHA dibandingkan PHA. AHA dan BHA merupakan skincare ingredients yang populer digunakan untuk kulit normal dan berminyak. AHA mengandung lactic acid dan glycolic acid yang mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah. 

Sedangkan, BHA mengandung salicylic acid sehingga dapat melembutkan, mencerahkan, dan mencegah pori-pori tersumbat. Namun, tahukah kamu jika PHA juga memiliki kemampuan super sebagai eksfoliator dan cocok untuk kulit sensitifmu? Untuk kamu yang penasaran apa itu PHA dan kehebatannya, Yuk baca PHA, Exfoliator untuk si kulit sensitif dibawah ini:

  1.     Apa itu PHA

PHA atau polyhydroxy acid merupakan generasi terbaru dari hydroxy acid. Sebagai bahan dari eksfoliator, PHA mengandung bahan-bahan yang mengandung chemical exfoliator seperti gluconolactone dan lactobionic acid sehingga mampu mengeskfoliasi sel kulit mati pada wajah. Tidak hanya super dalam eksfoliasi, PHA juga kaya akan humectants sehingga dapat melembapkan kulit pada waktu yang bersamaan. Kedua peran dari PHA ini menjadikannya properties terbaik untuk membasmi jerawat dan tanda-tanda penuaan dini

  1.     Perbedaan PHA dengan AHA dan BHA

Perbedaan yang sangat kentara dari PHA dengan AHA dan BHA adalah struktur molekulnya. Molekul pada PHA jauh lebih besar dibandingkan AHA dan BHA sehingga ia hanya berfokus pada permukaan kulit dan tidak mudah teresap ke lapisan kulit lainnya. Hal ini menjadi nilai tambah bagi kamu yang memiliki kulit sensitif karena PHA tidak akan menganggu lapisan kulit bawah dan menyebabkan iritasi.

BACA JUGA: Ini Dia 4 Alasan Kamu Harus Eksfoliasi Wajahmu Malam Ini

  1.      Arti PHA untuk kulit sensitif

Jika AHA cocok untuk kulit kering dan BHA cocok untuk kulit berminyak, PHA cocok untuk kulitmu yang sensitif. Struktur molekul yang besar menjadikan mereka ideal untuk semua tipe jenis kulit terutama kulit sensitif yang membutuhkan pengangkatan sel kulit mati. Mungkin kamu khawatir karena PHA tidak dapat membantu menyelesaikan permasalahan kulit dari lapisan kulit terdalam seperti untuk mencerahkan layaknya BHA. Jangan khawatir ya, Kleive! Walaupun PHA tidak dapat meresap ke dalam lapisan kulit dalam. PHA kaya akan elemen humectants yang dapat melembapkan kulit sehingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan flek.

  1.     Bagaimana cara menggunakan PHA

Saat ini, PHA menjadi bahan skincare hampir untuk seluruh produk baik itu masker, pelembap, hingga toner. Kamu dapat menggunakan PHA setiap hari! Namun, untuk kamu yang baru menggunakan PHA, sebaiknya adaptasikan terlebih dahulu kulitmu dengan PHA. Gunakanlah PHA secara bertahap dari 3 kali/minggu

  1.     Rekomendasi PHA eksfoliator untuk kulit sensitif

Cosrx PHA Moisture Renewal Power Cream

Moisturizer dari Cosrx ini mengandung 3% PHA yang mampu memberikan eksfoliasi yang lembut dan mengangkat seluruh sel kulit mati sehingga menghasilkan tekstur wajah yang lebih lembut tanpa iritasi. Selain itu, moisturizer ini juga diperkaya dengan 50% ekstrak kelapa dan 2% niacinamide yang dapat memberikan kelembapan alami pada kulit dan mengurangi bekas jerawat serta noda hitam pada wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kering, ataupun normal, kamu dapat menggunakan moisturizer ini untuk mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulitmu tanpa memberikan efek lengket setelah pemakaian.

Nah, itu dia segala hal yang perlu kamu tahu tentang PHA. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu bisa mulai beralih ke PHA agar kamu tetap dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah tanpa memberikan iritasi pada kulitmu. Happy trying!

 

Oleh: Bella Stephanie
Image: theklog.co