Ikuti 6 Langkah Ini Untuk Merawat Area Mata Kamu

Kantung Mata Panda – Merasa tampilan wajah kamu kurang segar akibat warna kantung mata yang pucat? Hal ini mungkin disebabkan karena area sekitar mata kamu kurang terawat sehingga kusam dan akhirnya mempengaruhi tampilan kamu, Kleive. Tahu nggak sih kalau area mata juga perlu dirawat dengan treatment berbeda dari bagian lain di wajah kamu?

Kulit di area mata merupakan bagian kulit yang tipis dan lebih sensitif dibandingkan  dengan bagian kulit lainnya. Kulit di area ini juga tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga biasanya tanda-tanda penuaan akan paling awal muncul pada area ini. Karenanya, penting untuk merawat area mata kamu dengan intensif dan sedini mungkin, lho. Nggak mau kan kalau nanti terlihat beberapa tahun lebih tua karena area mata yang kurang terawat? Yuk, intip cara merawat kantung mata yang tidak sehat seperti berikut:

 

  1. Rutin membersihkan area mata panda kamu 

    Untuk kamu yang kerap menggunakan produk eye makeup, kamu wajib membersihkannya sebelum tidur ya, Kleive. Makeup yang dibiarkan menempel pada kulit semalaman akan membuat kulit kesulitan bernapas dan berpotensi menimbulkan tanda-tanda penuaan dini lebih cepat. Sebagai tips tambahan, bersihkan area mata kamu dengan sentuhan lembut dan produk yang aman bagi mata. Hindari membersihkan dengan cara menggosok  mata terlalu keras. Sebagai rekomendasi untuk meluruhkan eye makeup kamu yang membandel, kamu dapat mencoba Calming Cleansing Balm dari Klei & Clay. Cukup gunakan dengan cara mengusap lembut mata kamu ya, Kleive.

  2. Hindari menyentuh-nyentuh dan mengucek area mata

    Karena area mata memiliki kulit yang lebih sensitif, hindari menyentuh terlalu sering dan kasar area mata kamu. Jika terpaksa harus menyentuh area mata, pastikan tangan kamu sudah bersih sebelumnya. Begitu pula ketika mengaplikasikan skincare maupun makeup pada area mata, usahakan untuk tidak menepuk atau menggosok area mata terlalu keras, karena dapat membuat area mata menjadi tertarik dan mudah menimbulkan kerutan dini. Sebagai tips tambahan, untuk kamu yang ingin mengaplikasikan produk pada area mata, kamu dapat menggunakan jari manis agar produk tetap dapat diaplikasikan namun dengan tekanan yang ringan. 

  3. Sunscreen dan sunglasses

    Sama halnya dengan bagian kulit lain yang harus dilindungi dari bahaya sinar matahari, area mata kamu juga memerlukan perlindungan yang sama. Area mata yang terpapar sinar matahari terlalu sering dapat membuat area mata kamu menjadi gelap, memicu munculnya flek-flek hitam, hingga mempercepat penuaan dini. Selain itu, bukan merupakan ide yang buruk bagi kamu untuk menggunakan sunglasses selama beraktivitas di luar ruangan lho, Kleive. Kaca mata hitam dapat membantu menghalau sinar UV yang berbahaya bagi penglihatan kamu dan kulit di sekitar area mata. Penggunaan sunglasses sekaligus dapat membuat tampilan kamu semakin stylish, lho. 

  4. Menghindari Produk Eksfoliasi

    Eksfoliasi memang merupakan tahapan skincare yang penting bagi kulit. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bebas dari sel kulit mati, penggunaan produk eksfoliasi dapat menjadi pilihan. Tetapi ada baiknya menghindari penggunaan produk eksfoliasi baik chemical exfoliator maupun physical exfoliator pada area mata. Sebab, penggunaan produk eksfoliasi yang terlalu sering dan gerakan yang keras dalam pengaplikasiannya, dapat membuat kulit di area mata semakin tipis dan sensitif.

  5. Gunakan eye cream lebih awal

    Untuk kamu yang kerap bertanya kapan waktu yang tepat untuk menggunakan eye cream, kamu mulai bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya dari sekarang lho, Kleive. Untuk kamu yang sudah menginjak usia 20 tahun, kamu sudah bisa mempertimbangkan penggunaan skincare yang satu ini. Penggunaan eye cream dapat membantu melembabkan area mata kamu sekaligus sebagai investasi jangka panjang kamu, lho. 

  6. Tidur Cukup terbukti mengatasi mata panda

    Salah satu cara paling sederhana untuk mengembalikan kembali kesegaran area mata kamu adalah dengan tidur yang cukup. Kebiasaan begadang dan kurangnya waktu tidur biasanya akan membuat area bawah mata kamu menjadi gelap atau yang sering disebut dengan mata panda. Karenanya, ada baiknya untuk mengatur kembali waktu tidur kamu agar tetap cukup, sekaligus membuat tubuh kamu istirahat dan terhindar dari kelelahan. 

Merawat area mata tidak bisa instan sebab memerlukan kurun waktu yang cukup lama untuk melihat hasilnya. Karenanya, penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini muncul pada mata dari sekarang. Selamat mencoba, Kleive! 

 

Oleh: Tri Halimah M
Editor: Divanda Gitadesiani
Image unsplash