Menghilangkan Jerawat dengan Menu Diet Sehat Ini

Diet untuk Menghilangkan Jerawat – Siapa disini yang sebel sama jerawat-jerawat yang nggak pernah hilang? Pada hakikatnya, keberadaan jerawat itu memang tidak akan pernah menghilang selamanya. Jerawat akan selalu menjadi bagian dari diri kita. Ia akan muncul sebagai pengingat jika kita tidak merawat kulit dengan baik, tidur kurang cukup, makan tidak sehat, dan lain-lain. Baik kan jerawat kita? Jerawat kita hanya ingin kita memiliki pola hidup yang lebih sehat. Jadi jangan membenci mereka ya, Kleive!

Nah, merawat jerawat tidak hanya dapat dilakukan dengan koleksi skincare mahal di meja rias doang loh, Kleive! Tetapi juga dengan mengaplikasikan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat yang sangat krusial dalam merawat jerawat adalah dengan melakukan diet sehat untuk si jerawat.

Diet sehat tidak berarti kamu harus menyiksa diri untuk tidak makan. Diet sehat untuk si jerawat hanya mewajibkan kamu untuk mengonsumsi  jenis makanan yang bernutrisi untuk kulit jerawat. Dengan melakukan diet sehat ini, jerawat kamu akan lebih jarang muncul karena ia tahu bahwa kamu sudah jauh lebih sehat dan peduli dengan diri. So, what are you waiting for? Yuk intip 7 hari menu diet sehat untuk si jerawat ini

  1.     Bayam

Bayam merupakan all in one vegetables. Ia tidak hanya sangat bernutrisi bagi tubuh tetapi juga mampu menyelesaikan seluruh masalah kulit. Ia kaya akan iron, folate, chlorophyll, Vitamin E, magnesium, Vitamin A, serat, protein, dan Vitamin C. Panjang sekali ya daftar nutrisinya, Kleive? Tetapi itulah alasan mengapa ia tidak diragukan lagi sebagai jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi kulit. 

Kombinasi nutrisi dan vitaminnya mampu mencegah pertumbuhan jerawat, memudarkan bekas jerawat, dan mencerahkan kulit. Jadi, yuk mulai rajin makan sayur-sayuran setiap harinya terutama si bayam ini! Kamu bisa mengonsumsi bayam dengan mencampurkannya dalam sop ataupun jus buah-buahan.

  1.     Wortel

Nah, siapa yang tidak kenal dengan si oranye ini? Wortel tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata loh! Ia juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kita, Kleive! Wortel yang kaya akan vitamin A dapat mencegah produksi sebum berlebihan di wajah sehingga mengurangi pertumbuhan jerawat. Wortel juga mudah diolah. Kamu bisa menjadikannya menumisnya dengan sayuran lain untuk dijadikan menu makan siang sehat dan bergizi

  1.     Salmon

Sudah tidak heran lagi ya kenapa salmon masuk ke dalam list? Salmon merupakan salah satu jenis makanan yang paling bergizi dan bermanfaat bagi seluruh bagian tubuh seperti jantung, tulang, dan otak. Tapi, tahukah kamu jika salmon juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit? Ia mengandung omega-3 yang sangat bagus untuk memerangi keriput dan jerawat pada wajah. Ia juga mampu melembapkan kulit dari luar dan dalam. Rasa alami salmon yang segar dan enak membuatnya sangat mudah diolah. Kamu bisa memakannya mentah atau memanggangnya untuk menu makan malammu.

  1.     Tomat

Tomat memiliki manfaat yang begitu besar untuk kulit. Ia mengandung carotenoids seperti alpha-beta carotene, lutein, dan lycopene yang sangat efektif dalam memperkecil pori-pori. Pori-pori yang mengecil tentunya akan mempengaruhi berkurangnya pertumbuhan jerawat. Kandungan lycopene-nya juga berperan besar dalam mengurangi UV damage.  Adapun, kekayaan vitamin A,C, K, dan acidic dalam tomat yang mampu mengurangi dan membasmi jerawat pada wajah.

Tomat yang memiliki rasa light mempermudah kita untuk mengolahnya. Kamu bisa saja mengolah tomat dengan memanggangnya di atas api sedang. Baked tomato dengan sedikit taburan garam dan oregano dapat menjadi menu pendamping yang sehat dan enak untuk sarapanmu. Dengan memasukkan tomat dalam menu diet, kamu bisa menyehatkan tubuh sekaligus merawat jerawat. Jika kamu merasa ribet untuk membuat baked tomato, kamu bisa saja menggado tomat dengan memakannya secara langsung

  1.     Labu

Labu merupakan sumber terbaik akan vitamin B seperti niacin, riboflavin, B6, dan folate. Kandungan nutrisi tersebut sangat efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah dan regenerasi kulit sehingga bermanfaat dalam merawat jerawat. Ia juga kaya akan vitamin C yang efektif dalam memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Labu memiliki rasa manis sehingga sangat mudah dikonsumsi dalam segala jenis makanan tanpa perlu menambah bumbu lainnya. Kamu bisa mengonsumsi labu dengan men-jusnya atau mengukusnya. Mudah kan, Kleive?

  1.     Teh hijau

Teh hijau memiliki segudang manfaat untuk kulit.  Teh hijau sangat kaya akan catechins yang merupakan antimicrobial yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Ia juga memiliki komponen anti-inflammatory yang efektif mengurangi merah-merah pada wajah saat berjerawat. 

Selain itu, ia juga mengandung antioxidant yang mampu menyembuhkan bekas-bekas jerawat yang membandel. Teh hijau sangat mudah untuk dikonsumsi. Kamu bisa menikmati teh hijau sambil bersantai ria di sore hari. Kehangatan teh juga bisa membuat kamu lebih rileks sehingga mengurangi stress yang mungkin muncul dari jerawat.

  1.     Berries

Berries merupakan buah-buah yang sangat kaya akan antioxidant. Kekayaan antioxidant-nya membuat ia menjadi salah satu buah-buahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dalam merawat jerawat, antioxidant berperan besar dalam memudarkan bekas jerawat. Kamu bisa membuat jus dan smoothies dengan beragam jenis berries seperti blackberries, goji berries, strawberry, cherry, dan sebagainya.

Nah, itulah 7 hari menu diet untuk si jerawat. Pastikan kamu mengonsumsi menu diet tersebut dalam menu mingguanmu. Dengan rutin mengonsumsi menu tersebut, pola hidup kau akan jauh lebih sehat dan jerawatmu pun akan berkurang! Good luck! 

 

Oleh: Bella Stephanie