Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah – Siapa disini yang belum pernah alami bruntusan pada wajah? Bruntusan merupakan masalah umum yang hampir dialami oleh semua orang baik itu perempuan maupun laki-laki. Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit berupa bintik-bintik merah pada wajah. Bruntusan biasanya muncul karena adanya perubahan hormon. Selain itu, ia juga dapat muncul akibat dari penggunaan skincare yang tidak cocok atau terlalu banyak berkeringat. 

Terkadang bruntusan dapat memberikan efek gatal sehingga memicu kita untuk menggaruknya. Jika hal ini terjadi, kamu harus hati-hati ya, Kleive! Karena hal itu akan menimbulkan iritasi pada kulit. Perlakukanlah bruntusan kamu dengan baik dan benar agar ia menghilang jangan sampai kamu menggaruknya! Tapi, bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah?  Keberadaan bruntusan pada wajah merupakan masalah yang susah-susah gampang untuk diatasi. Namun, bukan berarti tidak mungkin ya. 

Bagi kamu yang memiliki bruntusan pada wajah. Tidak perlu khawatir! Karena kali ini Klei and Clay akan membahas 4 tips cara menghilangkan bruntusan di wajah. Yuk intip tipsnya dibawah ini

Pertama: Lakukan double cleansing sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah

Klei And Clay Calming Cleansing Balm untuk menghilangkan bruntusan

Kemunculan bruntusan sedikit banyak dapat disebabkan oleh sisa-sisa kotoran yang masih tersisa pada pori-pori wajah. Oleh karena itu, melakukan double cleansing tentunya dapat menjamin kebersihan wajah yang lebih maksimal sehingga bebas dari yang namanya bruntusan. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba Calming Cleansing Balm dari Klei & Clay sebagai step 1 dari double cleansing-mu. 

Kombinasi shea butter dan geranium oil nya sangat efektif dalam membersihkan kulitmu dari kotoran, minyak, polusi, dan make up. Pada step 2, kamu bisa mencoba Rice Water Bright Foaming Cleanser dari The Face Shop. Foaming cleanser ini mengandung vitamin B, A, E dan mineral yang dapat menutrisi kulit. Ia juga memiliki kandungan ceramide yang mampu mencerahkan kulitmu. Kedua cleanser ini dapat memastikan kulitmu bersih dari sisa-sisa kotoran dan sehat serta lembap.

BACA JUGA: Pentingkah Double Cleansing Dan Kapan Kita Harus Melakukannya?

Kedua: Lakukan Eksfoliasi

Klei And Clay Natural Sand Scrub untuk menghilangkan bruntusan

Selain memastikan wajahmu bersih dari sisa-sisa kotoran, kamu juga harus membersihkan wajahmu dari sel kulit mati lho, Kleive! Bruntusan dapat saja muncul karena sel kulit mati pada wajahmu sudah menumpuk sehingga menghalangi proses regenerasi kulit serta menjadi bruntusan. Lakukanlah ekfoliasi pada kulit minimal 1 minggu sekali. Kamu bisa memilih ekfoliator baik itu berbentuk chemical jika kamu berkulit sensitif dan physical untuk kamu yang kulitnya normal. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba Bio Peel Gentle Gauze Peeling Wine dari Neo-gen. 

Bio peel dari neo-gen ini merupakan perpaduan eksfoliator chemical dan physical. Kandungan AHAs pada fermented red winenya mampu membantu proses ekfoliasi dengan lebih maksimal sehingga dapat mengangkat seluruh sel kulit matidan menghasilkan kulit yang lebih lembut bebas dari bruntusan. Ia juga memiliki kandungan resveratrol yang berfungsi sebagai antioxidant yang sangat efektif dalam mencegah radikal bebas dari pigmentasi dan pembentukan kerutan pada wajah.

Ketiga: Konsumsi Oats dan madu sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah

5 Rekomendasi Snack Sehat untuk Kesehatan Kulit Yang Layak Kamu Coba

Oats dan madu merupakan salah satu superfood yang sangat baik untuk kulit terutama untuk kamu yang berkulit sensitif. Kekayaan antioxidant dan anti-inflammatory pada oats dan madu dapat membunuh serta mencegah timbulnya bakteri-bakteri penyebab pada bruntusan di wajah. Mereka juga efektif dalam meredakan potensi iritasi pada wajah bruntusan. 

Kamu bisa mengonsumsi oats dan madu baik secara langsung sebagai makanan maupun melalui perawatan wajah. Untuk produk skin care yang mengandung oats, kamu bisa mencoba menggunakan masker wajah alami dari Klei & Clay Sweet Oats Brightening Clay Mask

Masker wajah alami ini mengandung oats dan pepaya yang efektif dalam mencerahkan kulit secara alami dan memberikan efek ekfoliasi ringan untuk mengatasi bruntusan. Ia juga mengandung kombinasi madu, shea butter, dan vanila yang akan melembapkan dan memberikan efek relaks pada kulit setelah pemakaian

Keempat: Gunakan pelembap wajah/moisturizer alami

5 Jenis Pelembab yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Pelembap wajah atau biasa disebut moisturizer tidak hanya bekerja semata-mata untuk melembapkan wajah saja tetapi juga sebagai perawatan untuk bruntusan pada wajah. Bruntusan seringkali muncul pada wajah yang memproduksi minyak berlebihan. Untuk itu, dibutuhkan pelembap wajah untuk mengontrol produksi minyak pada wajah. 

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba Bye Acne! Face Oil dari Klei & Clay.  Kandungan jojoba oil-nya kaya akan vitamin E dan linoleic acid yang tidak hanya mampu melembapkan kulit tetapi juga sekaligus mengunci kelembapan pada permukaan kulit. 

Face oil ini juga mengandung bahan populer, yaitu tea tree oil yang kaya akan anti-inflammatory dan anti microbial sehingga mampu mengurangi bruntusan pada wajah. Kombinasi kedua natural oil ini juga menghasilkan hasil yang harmonis dalam mengontrol produksi sebum berlebih pada wajah sehingga mencegah munculnya bruntusan baru.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan Klei & Clay Bye Acne Face Oil

Klei & Clay Bye Acne Face Oil (Rp95.000), ampuh sebagai cara menghilangkan bruntusan

Nah itu dia 4 tips cara menghilangkan bruntusan di wajah. Sekarang kamu tidak perlu merasa khawatir lagi deh dengan masalah bruntusan pada wajahmu. Yuk coba dan terapkan 4 tips di atas agar wajah bebas dari bruntusan. Happy trying!

 

Klei & Clay adalah sebuah perusahaan kecantikan berbasis natural dari Indonesia yang mempunyai visi misi untuk mengempower tentang gerakan mencintai diri sendiri (self love), mental health awareness, dan juga mendukung gerakan hijau.

 

Oleh: Bella Stephanie
Editor: Divanda G.
Image: weheartit