Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berminyak

“Aku pakai skincare yang rajin tapi nggak pake sunscreen karena takut breakout.” Tahukah kalian bahwa skincare tanpa sunscreen hanyalah sia-sia belaka? Apakah kamu tahu alasan pentingnya memakai sunscreen? Yup, Menjaga kulit dari paparan sinar matahari itu sangat penting, sebab sinar UVA dan UVB dapat memberikan dampak buruk langsung pada kulit kita mulai dari sunburn, kanker kulit, hyperpigmentation dan berbagai macam masalah kulit lainnya. Banyak yang masih bingung bagaimana kerja sunscreen pada kulit, apa itu SPF, seberapa sering kita harus reapply sunscreen dan perlukah memakai sunscreen ketika kita memakai makeup yang sudah ada tulisan SPF di labelnya? Untuk menjawab kebingungan itu, pada kesempatan kali ini Kleive Journal akan share tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak. Yuk kita bahas!

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu UVA, UVB, SPF, dan PA +++

Ada berbagai macam pelindung kulit dari sinar matahari, ada sunscreen dan juga sunblock. Tapi apa bedanya sih? Sunscreen memiliki fungsi memberi lapisan yang melindungi kulit dari penyerapan sinar matahari, sedangkan sunblock berfungsi sebagai tameng yang menghalangi semua sinar UVA dan UVB dari matahari. Namun sekarang sudah tidak ada produk tabir surya yang disebut sunblock, karena kata “sunblock” dianggap terlalu berlebihan oleh FDA Amerika, yang membuat masyarakat berpikir bahwa cukup sekali memakai tabir surya dalam kesehariannya karena sudah mem-“block” penyerapan sinar matahari seharian penuh, sebab setiap produk tabir surya memiliki SPF (Sun Protection Factor) yang merupakan ukuran seberapa baik tabir surya dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Oleh karena itu sebutannya diganti menjadi sunscreen. Pada umumnya sunscreen hanya melindungi kulit agar tidak terbakar oleh sinar UVB, namun ada beberapa sunscreen yang tidak mengandung UVA protection, yang sangat penting untuk melindungi kulit dari penuaan sel kulit dan kerusakan sel – sel DNA kulit yang menyebabkan terjadinya kerutan dan kanker pada kulit. Tapi gimana sih cara memilih sunscreen yang benar dan cocok bagi kulit?

Tips Memilih Sunscreen untuk kulit berminyak dengan memilih SPF yang tepat

Banyak orang berpikir bahwa semakin besar SPF semakin bagus perlindungannya dari bahayanya sinar radiasi matahari. But no, that’s not how it works Kleive! Angka dibelakang SPF bukanlah indikator proteksi yang diberikan oleh sunscreen melainkan angka tersebut adalah indikator berapa lama proteksi sunscreen yang kalian pakai itu efektif dalam melindungi kulit. Tahukah kamu kalau kulit kita mulai terbakar oleh sinar matahari setelah 10 menit terkena paparan cahayanya? Nah, angka dibelakang SPF merupakan indikator menit di kali 10 yang menentukan berapa menit tabir surya dapat melindungi kulit kalian. Misalkan SPF 20, maka 20 x 10 = 200 menit (3 jam 20 menit),  setelah itu Kleive harus memakai kembali sunscreen-nya. Begitu juga cara menentukan kapan kita harus memakai ulang sunscreen  dengan SPF 15, 30, 40 dan sebagainya. 

Jadi buat kalian yang tidak beraktivitas diluar ruangan sebaiknya menggunakan SPF 15 atau lebih, meskipun berada di dalam ruangan, cahaya matahari dapat menembus jendela dan kulit harus tetap terlindungi. Untuk kalian yang beraktivitas di luar ruangan gunakan SPF 30 atau lebih dan tidak disarankan untuk menggunakan SPF lebih dari 50 karena biasanya produk yang mengandung SPF lebih dari 50 itu berminyak, tidak nyaman, dan lebih gampang breakout

BACA JUGA: 7 Mitos Sunscreen yang Harus Kamu Tahu

Pemilihan Kandungan

Sebagai pelindung, sunscreen mengandung zat kimia aktif yang menyaring radiasi sinar UVA dan UVB pada kulit. Umumnya sunscreen mengandung Octocylene, Sulisobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, dan sebagainya. Buat Klevie yang punya kulit sensitif dan masalah pada kulit tidak disarankan untuk menggunakan sunscreen yang mengandung PABA (Para-aminobenzoic), Dioxybenzone, Oxybenzone, Sulisobenzone, alcohol, pewangi, dan pengawet berlebihan, karena bisa menambah masalah pada kulit kalian. 

Sunscreen untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat sebaiknya menggunakan yang berbahan dasar air, bukan minyak, agar sunscreen lebih mudah terserap ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori – pori. Biasanya sunscreen yang water based ini berbentuk gel atau light cream cenderung watery. Sedangkan Klevie yang memiliki kulit cenderung kering, pilih lah sunscreen yang oil based biasanya dalam wujud krim, agar kulit kalian tetap lembab.

Sekarang Klevie udah nggak bingung lagi dong memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang tepat dan cocok buat kulit kalian? Jangan lupa ya untuk lindungi kulit kalian dari sinar matahari agar kulit kalian tetap sehat.

 

Oleh: Lestari N.A.
Editor: Divanda Gitadesiani
Photo by Aditya Ali on Unsplash