5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Bisa Kamu Coba dan Lakukan Sendiri Di Rumah

Memiliki wajah berjerawat memang sangat mengganggu bagi sebagian besar perempuan. Berbagai macam cara akan dilakukan untuk terbebas dari masalah jerawat. Perawatan untuk kulit berjerawat sering kali menyebabkan kulit kemerahan, kering atau bahkan iritasi. Oleh karena itu, tidak sedikit perempuan yang memilih untuk mengobati jerawat secara alami. Kali ini Klei & Clay akan membahas 5 cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kamu coba dan lakukan sendiri di rumah. Yuk simak ulasannya ya Kleive!

Apa sih penyebab jerawat?

Sebelum mengobati jerawat, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab jerawat. Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan produksi minyak yang berlebih. Produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dikenal sebagai Propionibacterium acnes, atau P.acnes. Banyak faktor yang berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan jerawat seperti genetika, stres, perubahan hormon, perawatan kulit yang salah, penggunaan kosmetik yang salah, paparan debu dan polusi, malas mencuci wajah atau justru terlalu sering mencuci wajah.

Jadi, gimana cara menghilangkan jerawat secara alami?

  1. Sari Cuka apel

Sari cuka apel dikenal karena kemampuannya melawan berbagai jenis bakteri dan virus, termasuk bakteri P.acnes. Sari cuka apel dipercaya mengandung beberapa asam organik, seperti asam suksinat dan asam laktat yang telah terbukti mengurangi peradangan dan dapat membunuh bakteri P.acnes. Tidak hanya itu saja, sari cuka apel juga dapat membantu mengontrol produksi minyak di wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan perbandingan 1:3, campurkan 1 sendok sari cuka apel dengan 3 sendok air matang. Setelah membersihkan wajah, usapkan dengan menggunakan kapas campuran sari cuka apel dan air ke wajah secara lembut. Diamkan 1-2 menit, lalu lanjutkan tahapan perawatan kulit selanjutkan.

Perlu diingat ya Kleive, jangan menggunakan sari cuka apel tanpa mencampurkan dengan air karena dapat menyebabkan kulit terasa perih atau iritasi.

  1. Masker madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis keduanya adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan ini dianggap efektif dalam mengurangi jerawat. Masker madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan faktor pemicu munculnya jerawat. Madu dan kayu manis memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan antibakteri yang memiliki manfaat baik untuk perawatan kulit berjerawat.

Untuk membuat masker madu dan kayu manis, campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.


  1. Tea tree oil

Tea tree oil adalah essentials oil yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, yang banyak tumbuh di Australia. Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi, yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Tea tree oil juga dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat, serta dapat mengatasi jerawat ringan hingga sedang. Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan tea tree oil yaitu kulit kering, iritasi dan kemerahan. Maka dari itu, sangat perlu memperhatikan cara penggunaan dan tidak berlebihan dalam menggunakan tea tree oil dan harus di dilusi terlebih dahulu ya.

Untuk meminimalisir efek samping dari penggunaan tea tree oil, campurkan tea tree oil dan carrier oil dengan perbandingan 0.5:9.5. Cukup aplikasikan pada daerah yang berjerawat saja, lalu oleskan pelembab jika diperlukan.

BACA JUGA: Perlu Nggak Sih Memakai Face Oil di Iklim Tropis?


  1. Green tea

Green tea mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan flavonoid dan tanin dalam green tea diketahui dapat membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab utama jerawat. Antioksidan utama yang terkandung dalam green tea yaitu katekin yang telah terbukti mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa mengaplikasikan ekstrak green tea pada kulit dapat mengurangi produksi sebum dan jerawat.

Cara menggunakannya yaitu seduh green tea dalam air mendidih selama 3-4 menit, lalu dinginkan. Setelah itu, dengan menggunakan kapas oleskan pada wajah atau bisa tuangkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke wajah. Biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih. Kamu juga bisa memanfaatkan sisa daun teh hijau dengan mencampurkannya dengan madu untuk dijadikan masker.

  1. Lidah buaya (aloe vera)

Kandungan polifenol dalam lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat jika digunakan secara teratur. Sifat antibakteri dan anti inflamasi dapat mengurangi dan mencegah jerawat. Gel lidah buaya diketahui dapat membantu menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan. Selain polifenol, lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan belerang yang dipercaya baik untuk pengobatan jerawat. Seperti yang sudah banyak diketahui, lidah buaya juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit kering akibat penggunaan produk anti jerawat. Kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

BACA JUGA: 5 Manfaat Menggunakan Face Mist

Itu dia 5 cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kamu coba dan lakukan sendiri di rumah. Kalau kamu mau lebih simpel lagi, bisa gunakan Bye Acne! Face Oil dari Klei & Clay yang terbuat dari ekstrak tanaman alami yang dapat membasmi bakteri jerawat kamu tanpa membuat kulit kamu menjadi kering. Perlu diketahui Kleive, tidak cukup hanya dengan menggunakan obat jerawat saja, tetapi juga perlu diimbangi dengan olahraga yang teratur, kurangi stres, hindari konsumsi produk susu secara berlebihan, dan lakukan eksfoliasi secara teratur.

 

Oleh: Fariza Rahmadinna
Editor: Divanda Gitadesiani
Image: Photo by fotografierende from Pexels