Apakah Kulit Berminyak Tetap Butuh Pelembab Wajah?

Kebanyakan orang yang memiliki kulit berminyak akan melewatkan penggunaan moisturizer atau pelembab wajah pada rutinitas perawatan kulitnya. Padahal menggunakan pelembab wajah sama pentingnya dengan menggunakan sabun pembersih wajah (face cleanser), karena kulit berminyak juga dapat mengalami yang namanya dehidrasi. Menggunakan pelembab wajah yang tepat akan memberikan manfaat yang tepat pula untuk kulit wajah. Tapi memang, pemilik kulit berminyak harus lebih berhati-hati nih dalam memilih pelembab, agar tidak membuat wajah terlihat semakin oily. Yuk, simak penjelasan lengkapnya mengapa kulit berminyak tetap butuh pelembab wajah. Baca sampai habis ya, Kleive!

Apa penting menggunakan pelembab wajah untuk kulit berminyak?

Untuk tahu jawabannya, penting untuk memahami terlebih dahulu betapa banyak manfaat dari pelembab yang tepat untuk kulit berminyak. Kulit berminyak terjadi karena adanya aktivitas berlebih kelenjar minyak.

Pada kulit berminyak, faktor-faktor eksternal seperti polusi, sinar UV dan berlebihan dalam membersihkan wajah dapat menghilangkan kelembaban kulit, elastisitas kulit dan peningkatan produksi minyak. Hal tersebut akan membuat wajah terlihat semakin oily, kusam dan tidak sehat. Maka dari itu, penting menggunakan pelembab yang tepat untuk kulit berminyak setelah membersihkan wajah, untuk mengembalikan kelembaban kulit, menyeimbangkan tingkat pH, menutrisi kulit, dan pelembab juga dapat menyeimbangkan jumlah sebum yang diproduksi oleh kulit kamu lho.

Nah, perlu diketahui banyaknya minyak pada wajah tidak dapat mengukur tingkat hidrasi kulit. Minyak pada wajah tidak selalu melembabkan dan kulit berminyak jelas tidak membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Hanya karena kulit kamu mengandung banyak minyak, bukan berarti kulit kamu memiliki cukup air. Peran pelembab adalah meningkatkan hidrasi kulit dengan menambahkan air ke dalamnya. Itulah alasan mengapa kandungan pertama yang tercantum pada pelembab biasanya adalah air.

Kalau kamu sedang menggunakan perawatan untuk jerawat, seperti retinoid atau benzoil peroksida dan menggunakan produk perawatan yang menyerap minyak di wajah kamu, biasanya akan membuat kulit menjadi kering bahkan sampai mengelupas. Nah, menggunakan pelembab adalah cara terbaik untuk membantu meringankan efek samping tersebut.

Jadi pelembab yang tepat untuk kulit berminyak….?

Ada banyak produk pelembab yang dibuat khusus untuk pemilik kulit berminyak. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), untuk pemilik kulit berminyak carilah pelembab yang ringan, cepat menyerap, tidak membuat wajah terlihat semakin oily serta berlabel oil free, karena akan menjaga hidrasi kulit tanpa menambahkan kadar minyak di permukaan kulit dan non-comedogenic, karena tidak akan menyumbat pori-pori. Pelembab yang mengandung glycerin, hyaluronic acid, aloe, dan squalene dianggap tepat buat kamu pemilik kulit berminyak, karena tidak akan menyumbat pori-pori. Pilihlah pelembab berbahan dasar air (water based) karena sangat dianjurkan untuk mengurangi shiny serta mudah menyerap di kulit wajah. Pelembab yang mengandung air biasanya terasa ringan dan mudah menyerap, umumnya berbentuk gel atau lotion. Hindari pelembab yang bertekstur krim pekat karena akan membuat wajah semakin berminyak. Klei & Clay punya rekomendasi pelembab yang tepat untuk kulit berminyak, yaitu CeraVe Moisturizing Lotion dan Klei & Clay The Enchanted Aloe-Rose Face Mist.

BACA JUGA: 5 Manfaat Menggunakan Face Mist

Cara pakai pelembab yang asal oles saja, tentu tidak membuat kulit wajah kamu mendapatkan manfaatnya. Gunakan pelembab sesegera mungkin setelah membersihkan wajah dengan face cleanser. Totol-totol kan terlebih dahulu pelembab di seluruh wajah. Lalu ratakan mulai dari sisi terluar wajah sampai ke bagian tengah wajah dengan gerakan memutar ke atas. Oiya, jangan lupa juga untuk menggunakan pelembab pada area leher ya!

Nah, setelah kamu mengetahui manfaat dari pelembab untuk kulit berminyak, mulailah rutin menggunakan pelembab wajah ya Kleive. Karena melembabkan kulit wajah merupakan rutinitas dasar perawatan kulit sehari-hari untuk mendapatkan kulit yang sehat, apapun jenis kulit kamu, termasuk kulit berminyak. Jadi, kamu sudah tahu kan mengapa pelembab wajah untuk kulit berminyak itu penting?

 

Oleh: Fariza Rahmadinna
Editor: Divanda Gitadesiani
Image: Moose Photos