4 Manfaat Rosehip Oil Untuk Kecantikan Kulit

Rosehip oil adalah salah satu face oil yang cukup menjadi perbincangan. Rosehip oil juga dikenal sebagai minyak rosehip. Rosehip oil berasal dari ekstrak buah mawar (rose hips) dari spesies bunga mawar Rosa Canina yang banyak tumbuh di Chile. Rosehip oil tergolong ke dalam kategori “dry oil” yang mudah menyerap ke dalam kulit dan non greasy, sehingga dirasa aman digunakan oleh semua jenis kulit.

Setelah mengetahui apa itu rosehip oil. Kamu pasti bertanya, apa sih manfaatnya? dan bagaimana cara menggunakannya? Lanjut baca blog ini sampai habis ya untuk tahu jawabannya!

Manfaat rosehip oil

Sudah sejak lama, rosehip oil dipercaya memiliki banyak manfaat, apa saja sih?

  1.  Menjaga kulit tetap kencang, kenyal dan lembap

Rosehip oil dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen, sehingga membuat kulit tampak lebih kencang. Rosehip oil kaya akan vitamin A dan vitamin C yang keduanya diperlukan untuk produksi kolagen, sedangkan vitamin E dapat mengurangi penampakan keriput.

Hidrasi sangat penting untuk kulit tampak kenyal dan lembut. Rosehip oil mengandung banyak asam lemak esensial, termasuk asam linoleat yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rosehip oil adalah face oil yang tidak akan membuat kulit tampak greasy, sehingga dianggap cocok untuk memberikan kelembaban bagi semua jenis kulit.

  1.  Membantu memperbaiki skin barrier

Skin barrier atau lapisan kulit kamu bisa mengalami kerusakan akibat pengelupasan kulit, cuaca atau menggunakan produk-produk jerawat yang keras. Rosehip oil kaya akan asam lemak esensial dan antioksidan yang dianggap mampu meregenerasi jaringan kulit dan sel serta memperbaiki tekstur kulit kamu.

  1.   Mengurangi peradangan

Kandungan polifenol dan anthocyin pada rosehip oil dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, kandungan vitamin E dan antioksidan dikenal karena efek anti inflamasinya.

  1.   Melawan jerawat

Rosehip oil mengandung banyak asam linoleat yang baik dalam melawan jerawat. Asam linoleat, berguna untuk mencegah kerusakan membran sel di kulit. Sel-sel yang kuat dan sehat bertindak sebagai penghalang untuk mencegah bakteri menyerang kulit, yang dapat menimbulkan jerawat atau infeksi. Kandungan fenol pada rosehip oil juga telah terbukti memiliki sifat antivirus, antibakteri dan anti jamur. Meski dapat melawan jerawat, sebaiknya rosehip oil tidak dioleskan langsung pada jerawat aktif. Vitamin C yang terkandung di dalam rosehip oil juga dapat mengurangi bekas jerawat dan membuat kulit tampak lebih cerah.

BACA JUGA: 5 Manfaat Grapeseed Oil Dan Cara Menggunakannya

Cara menggunakan rosehip oil

Nah, kalau sudah tahu manfaatnya, sekarang cari tahu yuk bagaimana cara menggunakan rosehip oil? Meskipun dikatakan aman digunakan oleh semua jenis kulit, tapi kamu tetap perlu melakukan tes spot terlebih dahulu ya. Hal Ini dilakukan untuk memastikan kalau kamu tidak bereaksi terhadap oil ini.

Untuk melakukan tes spot, yang perlu kamu lakukan adalah

      Oleskan sedikit rosehip oil pada pergelangan tangan dan tutupi area tersebut

      Setelah 24 jam, periksa tanda-tanda iritasi di area tersebut, kalau kulit terasa gatal atau iritasi, sebaiknya jangan lanjutkan menggunakan rosehip oil

      Sebaliknya, kalau kulit kamu tidak menunjukan tanda-tanda iritasi, itu berarti rosehip oil dapat ditoleransi oleh kulit kamu. Jadi kamu bisa melanjutkan penggunaan rosehip oil.

Setelah melakukan tes spot dan hasilnya menunjukan tidak ada tanda-tanda iritasi pada kulit, kamu bisa menggunakan rosehip oil satu hingga dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Gunakan tangan yang bersih, tuangkan beberapa tetes lalu aplikasikan ke wajah sambil dipijat perlahan. Rosehip oil dapat digunakan sendiri atau bisa ditambahkan beberapa tetes pada pelembab favorit kamu.

Roseship oil sangat mudah berbau tengik jika tidak disimpan secara benar. Untuk membantu memperpanjang masa simpannya, rosehip oil sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk atau kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es.

Perlu diingat Kleive, dalam memilih rosehip oil terbaik, pilihnya yang berlabel “cold-pressed”, “certified organic” dan “wild harvested” agar semua manfaat baik dari rosehip oil bisa dirasakan kulit kamu. Nah, Klei & Clay punya rekomendasi rosehip oil nih buat kamu, yaitu Trilogy’s Rosehip Oil Antioxidant+ atau jika kamu ingin blend oil, dapat menggunakan Klei & Clay’s Soothe Face Oil. 

 

Oleh : Fariza Rahmadinna
Editor: Divanda Gitadesiani
Image: Photo by Marina Khrapova on Unsplash