5 Kombinasi Skincare Yang Dapat Membahayakan Kulit

Merawat kulit memang salah satu cara yang paling ampuh untuk menunjukan rasa cinta kita kepada diri kita sendiri, Kleive. Terlebih lagi setelah berletih-letih kamu menjalani aktivitas kamu lalu datanglah weekend dimana merupakan waktu yang tepat untuk pampering yourself. Tapi kamu tahu nggak sih? Kalau ternyata ada beberapa produk skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan lho, karena dapat berakibat iritasi pada kulit kamu. Tapi tenang aja Kleive. Berikut info mengenai kombinasi skincare yang dapat membahayakan kulit. Apa saja ya?

 

Benzoyl Proxid dan Retinol

 

Benzoly Proxid adalah obat yang biasanya digunakan untuk merawat kulit berjerawat. Kandungan di dalam Benzoyl Proxid dapat mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat dan membuka pori-pori kulit yang tertutup. Sedangkan Retinol merupakan zat yang terkandung di dalam produk skincare seperti Face Oil, Eye Serum, dan Booster yang dapat meremaja kulit, mencerahkan juga, dan dapat membantu merawat kulit berjerawat. Kombinasi skincare tersebut dalam waktu bersamaan dapat mengurangi kelembaban kulit kamu dan juga membuat iritasi. Retinol akan lebih pas digunakan bersama Hyaluronic Acid  agar kulit kamu lebih cepat beregenerasi.

 

Vitamin C dan Chemical Exfoliants (AHAs, BHAs) 

 

Vitamin C biasanya kita temukan di booster atau serum yang kegunaannya untuk mencerahkan dan menutrisi kulit, Namun apa jadinya kalau produk yang satu ini dipakai secara bersamaan dengan produk yang mengandung AHAs dan BHAs? Bukannya menutrisi malahan bisa menghilang kegunaan Vitamin C itu sendiri lho, Kleive. Vitamin C memiliki Ph yang baik untuk menutrisi kulit namun jika kamu mengombinasikannya dengan produk yang mengandung AHAs & BHAs, sebaliknya malah tidak memengaruhi apapun ke kulit kamu. Kamu tidak mau kan sudah beli produk Vitamin C terbaik, eh malahan tidak berpengaruh apa-apa. Vitamin C justru lebih cocok dikombinasikan dengan Vitamin E Kleive, kombinasi dapat menutrisi dengan mencerahkan kulit kamu 2 kali lipat.

 

Face oil dan Hyaluronic Acid 

 

Kleive pasti tau kan, urutan penggunaan skincare yang benar seperti apa? Yup bener banget, Penggunaan skincare yang benar itu dimulai dari produk yang konsistensi yang paling cair ke produk kosistensinya cukup heavy . Nah bisa kebayangkan kombinasi dari dua produk diatas? Face oil yang memiliki konsistensi yang paling heavy  dan Hyaluronic Acid yang hampir sama tingkat konsistensinya malahan akan membuat kedua produk diatas tidak berfungsi secara maksimal kalau Kleive tidak menyesuaikannya dengan urutan penggunaan yang benar. Nah, kombinasi skincare yang tepat yaitu dengan menggunakan produk yang mengandung Hyaluronic Acid dan baru diakhiri dengan penggunaan Face Oil. Jika digunakan dengan urutan yang terbalik kandungan Hyaluronic Acid akan sulit menyerap di kulit dikarenakan terhalang dengan lapisan Face Oil.

BACA JUGA: Breakout Karena Face Oil? Mungkin Inilah Penyebabnya Yang Tidak Kamu Ketahui

 

Produk Perawatan Jerawat  dan Chemical Exfoliants

 

Produk perawatan jerawat yang paling sering digunakan orang-orang secara umum adalah Benzoyl Proxide dan Salicylic Acid. Lalu seperti keterangan pada no.2, Chemical Exfoliants memiliki kandungan AHAs dan BHAs yang berfungsi untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Kombinasi skincare tersebut jika dipakai dalam waktu bersamaan bisa membuat kulit kamu seperti terbakar Kleive! Aklan lebih aman untuk menggunakan kedua produk diatas pada hari yang berbeda, agar Kleive terhindar dari iritasi kulit yang berlebihan.

 

Physical Exfoliants dan Chemical Exfoliants

 

Exfoliants terbagi menjadi 2 jenis Kleive, Chemical dan juga Physical. Chemical Exfoliants adalah Exfoliants yang berbentuk krim atau cairan sedang Physical Exfoliants adalah Exfoliants yang biasanya bertekstur kasar seperti sonic brush, scrub, dan loofash bath. Buat kamu yang belum pernah mengekfoliasi kulit, jangan takut ya. Karena kulit kita meregenasi setiap 28 hari, jadi penting banget membersihkan sel-sel kulit mu yang sudah mati. Namun jangan pernah nge-exfoliate kulit kamu dengan Produk Physical Exfoliants dan Chemical Exfoliants bersamaan, pilih satu jenis yang paling nyaman pada kulit mu dengan begitu kulit akan terhindar dari iritasi berlebihan.

BACA JUGA: Ini Dia 4 Alasan Kamu Harus Eksfoliasi Wajahmu Malam Ini

Nah, kamu sudah tahu kan 5 kombinasi skincare yang dapat membahayakan kulit. Jadi, mulai dari sekarang kamu perlu perhatikan banget ya kandungan Skincare yang bakal kamu gunakan dalam skincare routine. Ingat! Urutan pengaplikasian Skincare dimulai dari konsistensi yang paling cair, Menggunakan 2 jenis Exfoliants tidak dengan waktu yang bersamaan dan terakhir Penggunaan kandungan AHA BHA, Salicylic Acid, dan Benzoyl Peroxide yang perlu diperhatikan jangka waktu penggunaan rutinnya. 

 

Penulis: Tri Halimah Maulani
Editor: Divanda Gitadesiani
Images:Photo by Marco Lima from Pexels