Menjalani puasa bagi Ibu hamil memang sulit. Rasa mual, sakit, dan pusing sering terjadi. Alhamdulillah-nya, bagi ibu hamil diberi kelonggaran untuk tidak berpuasa. Tapi buat kamu yang masih mau dan kuat berpuasa, ada beberapa tips bagi Ibu hamil agar tetap bugar menjalani puasa di bulan Ramadhan. Baca hingga habis ya, Kleive.

Pastikan minum air putih yang cukup saat sahur

Air mineral  dapat menjaga Ibu hamil tetap bugar, 4 gelas air mineral saat sahur dan 4 gelas saat berbuka dapat mengurangi atau menghindari dehidrasi selama berpuasa, kurangi juga minuman soda atau kafein karena bersifat diuretik.

Kandungan karbohidrat kompleks saat sahur

Berpuasa selama 12 jam membuat tubuh semakin lemas. Usahakan saat sahur makan dengan kandungan yang sehat dengan memperhatikan kandungan gizi di dalam makanan tersebut karena bukan hanya ibu saja tetapi janin harus juga mendapatkan nutrisi selama berpuasa. Ibu hamil bisa mengkonsumsi nasi merah, oatmeal, dan kacang2an yang bisa membantu Ibu hamil tetap bugar saat berpuasa.

BACA JUGA: Beri Yang Terbaik, Ini Makanan Sehat yang Tepat untuk Ibu Hamil

Konsumsi lebih banyak protein

Mengonsumsi protein saat berpuasa dapat menambah imun tubuh lho Kleive. Khususnya Ibu hamil karena protein dapat membantu sirkulasi darah lancar. Ibu hamil dapat mengkonsumsi daging, ikan, dan telur yang merupakan sumber protein.

Membatasi makanan dengan lemak tinggi

Berbuka puasa dengan gorengan merupakan suatu keharusan ya Kleive bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tapi gorengan merupakan salah satu yang mempunyai lemak yang tinggi lho, untuk menu berbuka puasa Ibu hamil bisa mengonsumsi kurma atau alpukat karena memiliki lemak yang baik.

 

Penulis: Hanifa Rosa
Editor: Divanda Gitadesiani