Double Cleanse atau Double Cleansing di dunia skin care sudah tidak asing lagi. Terutama bagi kamu penggemar K-Beauty yang terkenal menciptakan banyak trend dalam dunia perawatan wajah. Dari 10 step skin care ke ‘Skip Care’ dimana kita menggunakan perawatan wajah seminimalis mungkin dan efisien. Tapi, masih banyak dari Kleive yang mempertanyakan seberapa pentingkah melakukan Double Cleansing dan apakah harus melakukannya setiap saat? Jawabannya penting dan tidak. Agar lebih jelasnya lagi, Klei & Clay akan membahas lebih lengkap di blog ini. Jangan lupa untuk bagikan blog ini agar teman-teman Kleive yang lainnya lebih paham ya.

Apa itu Double Cleansing?

Double Cleanse adalah membersihkan wajah dengan 2 tipe pembersih, yaitu: oil based cleanser dan water based cleanser. Pada dasarnya oil based cleanser ini untuk membersihkan sisa-sisa SPF, makeup, dan Sebum sedangkan water based cleanser untuk membersihkan wajah dari polusi, debu, keringat, dan kotoran lainnya yang mudah dibasuh dengan air.

Walaupun pengertian ini mudah dimengerti, tetapi masih banyak dari Kleive yang tidak begitu paham seberapa pentingnya Double Cleanse. Terutama banyak mitos-mitos yang beredar di lingkungan kita, seperti tidak boleh menggunakan oil based cleanser untuk kulit berminyak. Ini mungkin akan membuat sebagian dari kalian ketar-ketir, apa benar membersihkan wajah dengan oil akan menjadi tambah berminyak lalu berpotensi munculnya komedo dan jerawat?

“Oil Cleanser mengandung kelembaban yang sangat tinggi dan dapat lebih efektif untuk membersihkan wajah dan tidak menyebabkan iritasi dibandingkan pembersih wajah yang mengandung detergen.” Ucap Joshua Zeichner, M.D., New York City Dermatologist dan Director of Cosmetic di Mount Sinai Medical Center yang dikutip dari artikel SELF. “Minyak menyerap minyak, dan itu memberikan sebuah fakta bahwa oil cleanser lebih ampuh dan efektif untuk mengangkat kotoran-kotoran di dalam pori-pori. Wajah akan terasa lebih bersih.” tambahnya lagi.

Walaupun begitu, untuk kulit yang berminyak harus lebih selektif dalam pemilihan oil cleanser sebagai first cleanser karena tidak semua oil itu baik untuk kulit berminyak. Contohnya pemakaian single coconut oil yang mempunyai rating comedogenic 4 dan berpotensi untuk tersumbatnya minyak itu sendiri dalam pori-pori.

Kapan Harus Melakukan Double Cleansing

Balik dari pernyataan Klei & Clay di awal bahwa Double Cleanse itu penting tetapi pada waktu yang tepat. Double Cleanse lebih baik dilakukan di malam hari ketika kita sudah selesai dari aktivitas kita seharian, baik buat kamu yang selalu menggunakan make up setiap hari ataupun buat kamu yang beraktivitas di luar ruangan. Mengapa? Karena beberapa kandungan make up dan SPF terbuat dari campuran beberapa plant oils yang lebih efektif untuk dibersihkan hanya dengan menggunakan oil cleanser. Ingat ya kata kunci, “Minyak menyerap minyak. Air tidak larut dalam minyak dan vice versa.”

Lalu buat kamu yang tidak menggunakan make up dan aktivitas berat di luar ruangan apakah perlu melakukan Double Cleanse? Jawabannya tidak begitu perlu, kamu bisa hanya dengan menggunakan milk cleanser, micellar water, dan juga facial wash yang lembut.

Pilihan pembersih wajah pun juga harus diperhatikan agar proses Double Cleanse atau Regular Cleanse lebih tepat dan benar. Pembersih wajah berbahan natural bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Karena biasanya mereka tidak mengandung detergen / SLS yang bisa membuat kulit kamu kering ketarik ataupun iritasi. Salah satunya untuk Kleive yang wajib melakukan Double Cleanse, bisa mencoba salah satu produk Klei & Clay yaitu Calming Cleansing Balm yang terbuat dari kombinasi Shea Butter, Jojoba Oil, Sweet Almond Oil, dan Coconut Oil yang efektif untuk mengangkat make up hanya dengan sekali pemakaian. Walaupun mengandung coconut oil, Calming Cleansing Balm Klei & Clay hanya mengandung sedikit persentase dibandingkan jenis oils lainnya dan tidak akan menyebabkan pori-pori tersumbat untuk pemakaian tiap hari.

Apapun pilihan Kleive untuk Double Cleanse ataupun tidak, itu tergantung dari jenis kulitmu dan aktivitas hari-harimu. Tapi seberapa pentingkah Double Cleanse di Indonesia dengan iklim tropis dan banyak polusi? Penting banget! Share yuk pengalaman Kleive yang sudah melakukan Double Cleanse sebagai tahapan skin care kamu di kolom komentar di bawah ini.

Much love,

Klei & Clay